Minggu, 07 Oktober 2012

Modif Dudukan Switch Fan / Kipas Radiator Mobil Charade

Oleh: JKcha Rade
https://www.facebook.com/jkcha.rade.1

Apakah fan / kipas radiator mobil anda, di-bypass / dilangsungkan bersamaan dengan kunci kontak ON?
Di-bypass artinya jika kunci kontak ON , fan langsung mutar.

Resikonya bila Fan dlangsungkan:
- Motor fan radiator cepat mati / rusak.
- Panas mesin tidak mencapai suhu ideal.
- Menyedot setrum / listrik accu.

Yang dikhawatirkan, bila dibuat jalan jauh atau jalan macet atau jalan nanjak, tiba-tiba fan mati.
Dampak lain adalah suhu mesin terlalu dingin sehingga tidak mencapai suhu ideal yang dibutuhkan.
Hal ini bisa berdampak kinerja mesin kurang optimal, yang secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumsi BBM lebih boros.

Misalnya ssuhu ideal pada mesin Charade tipe G10:
Bila dihitung dengan angka, suhu normal kisaran 75 - 85 derajat celsius.
Bila dilihat dengan jarum, suhu normal kisaran di atas seperempat hingga di bawah setengah dikit .
Bila AC on di siang hari pada jalanan padat, jarum akan bergeser ke setengah atau lebih dikit.

Satu lagi kelemahannya, ialah jika hendak hidupkan mesin di pagi hari, fan langsung mutar, dampaknya setrum accu akan tersedot sehingga akan mengganggu daya putar dinamo starter.
Bahkan kadang nggak kuat stater.

Ruang yang sempit
Jika mengalami kesulitan ganti thermoswitch pada dudukan bawaan-nya dikarenakan oleh sempitnya ruang sehingga nggak ada selah untuk membuka part tersebut, bisa diakalin drngan cara modifan.
Yaitu dipasang pada selang radiator bagian bawah yang terlebih dulu dibuatkan pipia sebagai dudukan thermoswitch.

Bahan-bahan yang dibutuhkan.

Lepaskan selang radiator bagian bawah.
Dudukan thermoswitch akan dipasangkan pada selang bagian bawah. (harus selang yang bagian bawah. Bukan yang bagian atas). Saya pernah coba pasang ke selang bagian atas tapi hasilnya tidak optimal.

Ternyata selang sudah getas. Harus diganti dengan selang baru.

Nyari selang Radiator Charade G10 nggak ketemu.
Akhirnya dapat selang sedikit mirip tapi nggak sama.

Selang dipotong untuk dudukan pipa thermoswitch.

Pipa modifan untuk dudukan thermoswitch dimasukkan ke dalam diantara dua lobang selang.

Hasil setelah pasang thermoswitch modifan.
Jarum temperatur manteng di posisi kategori suhu ideal.
Yaitu jika dihitung dengan angka suhu ideal kisaran  75 - 85 derajat celsius.
Jika dilihat dengan jarum, suhu ideal pada posisi di atas seperempat hingga di bawah setengah.
  
Dilihat dari jarak dekat.

Saat AC di-ON-kan. Posisi jarum bergeser ke tengah.

Semoga bermanfaat.

14 komentar:

  1. thermoswitch tang lama ny di gimana kan............

    BalasHapus
  2. thermoswitch tang lama ny di gimana kan............

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. yang lama ngga usah dibuka biarkan saja

      Hapus
    3. yang lama bisa dipake dirubahannya, tp karena posisinya sulit buat dibuka, biasanya pasang thermoswitch baru

      Hapus
  3. makasih om infonya berguna banget, soalnya aku baru pasang termostat dispenser ke radiator. Hasilnya ya jarum suhu nunjukin seperti gambar di atas. top bgt lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di pasang d bag radiator sebalah mana agar pengukuran bisa lebih akurat.?

      Hapus
  4. Klo di slang atas kenapa tidak optimal gan? Ada skema rangkaiannya gan untuk corolla Gl 84?

    BalasHapus
  5. Dan bagaimana dg thermostat apakah harus terpasang, jika tdk terpasang bagaimana?

    BalasHapus
  6. Dan bagaimana dg thermostat apakah harus terpasang, jika tdk terpasang bagaimana?

    BalasHapus
  7. Klo di slang atas kenapa tidak optimal gan? Ada skema rangkaiannya gan untuk corolla Gl 84?

    BalasHapus
  8. Klo di slang atas kenapa tidak optimal gan? Ada skema rangkaiannya gan untuk corolla Gl 84?

    BalasHapus