Minggu, 07 Oktober 2012

Modif Dudukan Switch Fan / Kipas Radiator Mobil Charade

Oleh: JKcha Rade
https://www.facebook.com/jkcha.rade.1

Apakah fan / kipas radiator mobil anda, di-bypass / dilangsungkan bersamaan dengan kunci kontak ON?
Di-bypass artinya jika kunci kontak ON , fan langsung mutar.

Resikonya bila Fan dlangsungkan:
- Motor fan radiator cepat mati / rusak.
- Panas mesin tidak mencapai suhu ideal.
- Menyedot setrum / listrik accu.

Yang dikhawatirkan, bila dibuat jalan jauh atau jalan macet atau jalan nanjak, tiba-tiba fan mati.
Dampak lain adalah suhu mesin terlalu dingin sehingga tidak mencapai suhu ideal yang dibutuhkan.
Hal ini bisa berdampak kinerja mesin kurang optimal, yang secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumsi BBM lebih boros.

Misalnya ssuhu ideal pada mesin Charade tipe G10:
Bila dihitung dengan angka, suhu normal kisaran 75 - 85 derajat celsius.
Bila dilihat dengan jarum, suhu normal kisaran di atas seperempat hingga di bawah setengah dikit .
Bila AC on di siang hari pada jalanan padat, jarum akan bergeser ke setengah atau lebih dikit.

Satu lagi kelemahannya, ialah jika hendak hidupkan mesin di pagi hari, fan langsung mutar, dampaknya setrum accu akan tersedot sehingga akan mengganggu daya putar dinamo starter.
Bahkan kadang nggak kuat stater.

Ruang yang sempit
Jika mengalami kesulitan ganti thermoswitch pada dudukan bawaan-nya dikarenakan oleh sempitnya ruang sehingga nggak ada selah untuk membuka part tersebut, bisa diakalin drngan cara modifan.
Yaitu dipasang pada selang radiator bagian bawah yang terlebih dulu dibuatkan pipia sebagai dudukan thermoswitch.

Bahan-bahan yang dibutuhkan.

Lepaskan selang radiator bagian bawah.
Dudukan thermoswitch akan dipasangkan pada selang bagian bawah. (harus selang yang bagian bawah. Bukan yang bagian atas). Saya pernah coba pasang ke selang bagian atas tapi hasilnya tidak optimal.

Ternyata selang sudah getas. Harus diganti dengan selang baru.

Nyari selang Radiator Charade G10 nggak ketemu.
Akhirnya dapat selang sedikit mirip tapi nggak sama.

Selang dipotong untuk dudukan pipa thermoswitch.

Pipa modifan untuk dudukan thermoswitch dimasukkan ke dalam diantara dua lobang selang.

Awalnya saya mau pakai pipa yang beli jadi / siap pakai dari toko sparepart. Berhubung diameter pipa kegedean sehingga tidak bisa masuk ke dalam selang, akhirnya saya bikin sendiri dengan cara mengelas mur ukuran nomer 19 ditempelkan ke pipa.

Saya menggunakan Thermoswitch punya mobil Suzuki Forsa. Yang memiliki 2 kaki colokan kabel.

Hasil setelah pasang thermoswitch modifan.
Jarum temperatur manteng di posisi kategori suhu ideal.
Yaitu jika dihitung dengan angka suhu ideal kisaran  75 - 85 derajat celsius.
Jika dilihat dengan jarum, suhu ideal pada posisi di atas seperempat hingga di bawah setengah.
  
Dilihat dari jarak dekat.

Saat AC di-ON-kan. Posisi jarum bergeser ke tengah.

Semoga bermanfaat.

1 komentar: